Selasa, 20 Januari 2015

KAS BANK

PENGERTIAN KAS PADA AKUNTANSI BANK 

Kas dan bank merupakan harta perusahaan yang paling liquid sehingga sangat mudah untuk diselewengkan. Setiap hari hanpir seluruh transaksi dalam perusahaan menyangkut dengan kas, oleh karena itu perusahaan harus membuat suatu sistem yang kuat untuk mengontrol pengeluaran atau penerimaan kas dan bank.

Walaupun pengendalian intern yang dibuat oleh perusahaan kuat, namun tak selayaknya perusahaan yakin dengan manajemen dan sistem yang dibuat, perusahaan tetap harus melakukan pemeriksaan terhadap kas dan bank dan seluruh akun dalam laporan keuangan perusahaan. Audit perusahaan juga turut serta dalam mengontrol sistem tersebut, selain itu audit juga memberikan kepercayaan bahwa laporan keuangan suatu perusahaan dapat dinyatakan benar. Sehingga setiap perusahaan terutama perusahaan yang besar wajib mengaudit perusahaannya.

Berikut pengertian kas oleh beberapa ahli, antara lain yaitu:
a. Menurut Munawir (1983)
Kas merupakan uang tunai yang dapat digunakan untuk membiayai operasi perusahaan, termasuk dalam pengertian kas adalah cek yang diterima dari para pelanggan dan simpanan perusahaan di bank dalam bentuk giro atau demand deposit, yaitu simpanan di bank yang dapat diambil kembali (dengan menggunakan cek atau bilyet).
b. Theodarus M. Tuanakotta, AK, (1982)
Kas dan bank meliputi uang tunai dan simpanan-simpanan di bank yang langsung dapat diuangkan pada setiap saat tanpa mengurangi nilai simpanan tersebut. Kas dapat terdiri dari kas kecil atau dana-dana kas lainnya seperti penerimaan uang tunai dan cek-cek (yang bukan mundur) untuk disetor ke bank keesokan harinya.
c. . Standar Akuntansi Keuangan (2002)
Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas digunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan. Yang dimaksud dengan bank adalah sisah rekening giro perusahaan yang dapat dipergunakan secara bebas untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.

Master Kas/Bank adalah Form untuk membuat data master Kas dan Bank. Pada BeeAccounting ini Kas dan Bank merupakan master yang sama, perbedaan hanya pada Tipe atau jenisnya : Kas / Bank. Untuk Kas Giro anda juga harus membuatkan kasnya yang digunakan untuk menyimpan bentuk Fisik Giro.

Pengertian kas
Kas adalah alat pembayaran yang dapat dipakai untuk membiayai kegiatan perusahaan. Kas adalah aktiva yang paling lancar, harus sediakan dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan sebab dapat menimbulkan Idle kas dan tidak kekurangan sebab akan menimbulkan tersendatnya kegiatan perusahaan
Yang termasuk kas antara lain :Uang tunai, uang kas yang disimpan dibank, cek yang diterima pihak lain cek kasir ,wesel pos dan simpanan bank-bank luar negeri, Sedangkan yang tidak termasuk kas antara lain cek mundur, pembayaran dimuka, effek, prangko dan materai, deposito berjangka, dana-dana wesel tagih.
Didalam suatu perusahaan yang dimaksud kas adalah uang yang disimpan dibank sehingga diperlukan administrasi pengelolaan kas bank yang memadai.
Prosedur penerimaan dan pengeluaran kas dibank
Untuk mencegah penyalahgunaan kas atau tidak terjadi kecurangan-kecurangan dalam pengelolaan kas perlu diadakan pengawasan kas yang meliputi :
1. Prosedur penerimaan kas bank
· Diadakan pembagian tugas antara fungsi penerimaan, pencataan, dan penyimpanan kas
· Setiap penerimaan kas dibuat bukti penerimaan kas, segera dicatat dan disetorkan ke bank
· Dibedakan antara fungsi pengelolaan kas dan pencatat kas
· Dibuat laporan kas setiap hari
· Diadakan kas opname secara intern tanpa memberitahuan terlebih dahulu
2. Prosedur pengeluaran kas bank
· Semua persyaratan yang relative besar digunakan cek
· Digunakan sistem Voucer untuk menjamin bahwa pengeluaran-pengeluaran kas memang untuk pengeluaran perusahaan
· Dipisahkan antara yang menulis, yang menandatangani dan mencatat pengeluaran cek
· Setiap hari diadakan laporan kas
· Untuk pengeluaran yang relative kecil dibentuk dana kas kecil (Petty Cash)
· Secara Insidental diadakan kas opname

REKONSILIASI SALDO KAS

Untuk pengendalian, kas dapat disimpan di bank dalam bentuk simpanan giro. Jika hal ini terjadi maka masing-masing fihak yaitu perusahaan (nasabah) dan bank akan melakukan pencatatan atas saldo dan perubahan dari saldo kas tersebut. Perusahaan melakukan pencatatan atas uang yang disimpan di bank di perkiraan (akun) cash atau cash in bank. Selanjutnya berdasarkan catatan bank, secara berkala bank biasanya mengirimkan laporan ke nasabah yang lazim disebut rekening koran (bank statement). Dengan demikian dapat dilakukan perbandingan antara data menurut perusahaan dengan informasi yang dilaporkan bank.

Komposisi Kas
semua harta yang ada diperusahaan yang mempunyai nilai ekonomis tidak semua bisa disebut sebagai kas. sesuatu yang digolongkan sebagia kas adalah sebagai berikut :

  1. uang tunai berupa kertas dan uang logam yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia serta mata uang asing.
  2. uang kas yang tersimpan di bank dalam bentuk rekening giro (deman deposit).
  3. cek yang diterima dari pihak lain, tetapi belum diuangkan di bank.
  4. Cek dalam perjalanan (out standing cheks) yaitu cek yang telah dikeluarkan perusahaan, tetapi belu, diuangkan di bank.
  5. wesel pos yang menurut sifatnya segera dapat diuangkan pada waktu diperlukan.
  6. simpanan uang di bank-bank luar negeri yang tidak dikenakan pembatasan penarikannya.
         sedangkan tidak termasuk dalam golongan kas adalah :
  1. cek mundur (post date checks)
  2. pembayaran-pembayaran dimuka (prepaid expenses)
  3. surat berharga jangka pendek
  4. deposit berjangka( time deposit) adalah simpanan yang ada dibank yang pengambilannya pada waktu-waktu tertentu
  5. wessel tagih yang merupakan perintah tertulis dan bersyarat kepada penarik unutk membayar sejumlah unag tertentu kepada penarik pada tanggal-tanggal yang telah ditentukan

Struktur Kantor Kas - Bank
Posisi yang ada di sebuah kantor kas adalah sbb :
  • Pimpinan Kantor kas
  • Teller / Kasir
  • Security
  • Cleaning Service / Office Boy
Fungsi dari kantor kas ini hanyalah untuk melayani kegiatan – kegiatan transaksi keuangan tunai saja. Jadi nasabah bisa melakukan penarikan / penyetoran secara tunai ke rekening yang mereka miliki. Selain itu bisa juga melakukan proses transfer dalam negeri ( SKN ) atau transfer ke luar negeri ( khusus TT ). Keberadaan kantor jenis ini biasanya sudah di akomodir dengan difungsikannya ATM.

PEMERIKSAAN KAS DAN BANK DALAM AUDITING

PEMERIKSAAN KAS DAN BANK
1. Menurut Standart Akuntansi Keuangan.
• Yang dimaksud dengan kas ialah : alat pembayaran yang siap dan bebas dipergunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.
• Yang dimaksud dengan bank adalah : sisa rekening giro perusahaan yang dapat dipergunakan secara bebas untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.

Contoh dari perkiraan-perkiraan yang biasa digolongkan sebagai kas dan bank adalah:

• Kas kecil dalam rupiah dan mata uang asing
• Saldo rekening giro dibank dalam rupiah maupun mata uang asing
• Bon sementara
• Bon-bon kas kecil yang belum direimbursed
• Check tunai yang akan didepositkan
Yang tidak dapat digolongkan sebagai bagian dari kas dan bank pada neraca
• Deposito berjangka
• Check mundur dan chek kosong
• Dana yang disisihkan untuk tujuan tertentu
• Rekening giroyang tidak dapat segera digunakan baik dalam maupun diluar negeri misalnya karena dibekukan.

PENGERTIAN :

Traveller check adalah Giro adalah suatu istilah perbankan untuk suatu cara pembayaran yang hampir merupakan kebalikan dari sistem cek. Suatu cek diberikan kepada pihak penerima pembayaran (payee) yang menyimpannya di bank mereka, sedangkan giro diberikan oleh pihak pembayar (payer) ke banknya, yang selanjutnya akan mentransfer dana kepada bank pihak penerima, langsung ke akun mereka.

Cashier check adalah cek yang dibuat oleh suatu bank yang merupakan surat perintah dari bank kepada bank itu juga. Ini adalah hak pelanggan untuk meminta “hari berikutnya sudah tersedia” ketika menyerahkan cek kasir secara pribadi. Sebagian besar bank tidak langsung menerimanya. Namun, bank diijinkan untuk mengambil kembali uang itu “dibuang” cek itu jika dalam satu atau dua minggu kemudian bank menemukan adanya tindak penipuan. Karena pelanggan pasti sudah percaya bahwa cek telah benar atau sah dan telah dikonversi menjadi kas kita, pelanggan mudah ditipu oleh skema yang meminta mereka untuk meninggalkan barang mereka atau sebagian dari uang mereka lalu dengan mudah di buang cek itu pada waktu yang tepat

Bank draft adalah Bank Draftadalah surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank penerbit draft tersebut kepada pihak lainnya (tertarik) untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang tertentu atau orang yang ditunjuknya pada waktu yang telah ditentukan.

Money order adalah Perintah uang adalah pembayaran agar jumlah yang telah ditentukan uang . Karena itu diperlukan bahwa dana akan prabayar untuk jumlah yang ditampilkan di atasnya, itu adalah metode yang lebih dipercaya pembayaran dari cek pribadi . The US Postal Service money order masalah untuk biaya kecil di setiap lokasi.

Standar Jurnal Akuntansi adalah merupakan pedoman dalam melakukan pencatatan atau pembukuan setiap transaksi keuangan.

Berikut ini akan Kami jelaskan beberapa Jurnal Akuntansi yang umum dan sering dilakukan dalam transaksi Kas dan Bank serta media yang digunakan sebagai dokumentasi penunjang transaksi tersebut, meliputi seluruh penerimaan dan pengeluaran dana, rincian dan penjelasannya adalah :




TRANSAKSI

PEDOMAN JURNAL
BUKTI

JURNAL
PEMBUKUAN
03
Jurnal Transaksi Kas dan Bank






a)     Penerimaan Setoran ke Bank Hasil Penjualan Tunai Commisary, dll tunai
-   Bukti Transfer
Bank
XX


     Piutang Dagang ( Kasir )

XX




b)     Penerimaan Setoran ke Bank Hasil Penjualan Tunai Commisary, dll kredit
-   Bukti Transfer
Bank
XX


    Piutang Dagang ( Credit Card )

XX




c)     Penerimaan Piut.Valas beserta PPn dg Kurs Pajak dan dipotong PPh 23 Saat terbit invoice dijurnal
-   Invoice
Piutang Dagang Rp/Valas
XX

-   SSP
Piutang PPn (SSP) Rp/Valas
XX


     Piutang Belum Ada Faktur

XX

     Hutang PPn/SSP/PP1

XX




        Saat Menerima Pembayaran dipot. PPn 23 (Pokok Piutang - PPh 23 )
-   Bukti Transfer
Bank ( Pokok Piutang - PPh 23 )
XX

-   Invoice
Selisih Kurs
XX

-   SSP
     Piut.Dagang Valas (100%-Pot.PPh23)

XX

     Selisih Kurs (saat terima-kurs pajak)

XX




        Saat Menerima Pembayaran Piutang PPn dengan Kurs Pajak

Bank (kurs Penerimaan)
XX


Selisih Kurs (saat terima-kurs Pajak)
XX


     Piutang PPn (Kurs Pjk wkt penerbitan)

XX

     Selisih Kurs (saat terima-kurs pajak)

XX




       Saat Terima Bukti Potong

U.M Pajak/Pendptan (kurs Penerimaan)
XX


Selisih Kurs (kurs.Invoice-kurs Penerimaan)
XX


     Piutang Valas (Kurs Invoice)

XX

     Selisih Kurs (kurs Invoice-kurs  Penerimaan)

XX




d)     Penerimaan dari Hasil Investasi
-   Bukti Transfer
Kas/Bank
XX


     Pendapatan Lain2 (Hasil Investasi)

XX




e)     Penerimaan dari Pinjaman / Loan
-   Bukti Transfer
Kas/Bank
XX


     Hutang Jk.Panjang/Jk.Menengah

XX




f)      Penerimaan Klaim Asruransi
-   Bukti Transfer
Kas/Bank
XX


     Pendapatan Klaim Asuransi

XX




g)     Penerimaan dari Penjualan Asset Kerugian atau keuntungan hanya salah satu debet atau kredit
-   Bukti Transfer
Kas/Bank
XX


Akumulasi Penyusutan
XX


Kerugian Penjualan Asset
XX


     Nilai Asset



     Pendapatan Penjualan Asset

XX




h)      Penerimaan Set Off Hutang Piutang
-   Bukti Transfer
Kas/Bank
XX

-   Invoice
Hutang Dagang
XX

-   Kwitansi
     Piutang Dagang

XX




i)       Penerimaan dari Jasa Giro
-   Rekening Koran
Kas/Bank
XX


     Pendapatan Jasa Giro

XX




j)      Pembayaran U.Muka ( Advance ) Biaya Perjalanan Dinas
-   Surat Tugas
U.Muka Perjalanan Dinas
XX

-   Bukti Bank Keluar
     Bank

XX
-   Permohonan U.Muka







k)     Saat Penyelesaian/Pertanggung - jawaban U.Muka Perjalanan Dinas
-   Form Penyelesaian Adv.
Biaya Perjalanan Dinas
XX

-   Nota/kwitansi
Kas/Bank
XX


     Uang Muka Perjalanan Dinas

XX

     Bank

XX




l)      Saat Penyelesaian Advanced dengan sistem piutang karyawan
-   Form Penyelesaian Adv.
Biaya Perjalanan Dinas
XX

-   Nota/kwitansi
Piutang Karyawan
XX


     Uang Muka Perjalanan Dinas

XX


     Piutang Karyawan

XX





m)    Pada Saat Mencatat Setoran (Kelebihan By Perjalanan Dinas )
-   Kwitansi
Kas/Bank
XX




     Piutang Karyawan

XX







n)      Pada Saat Mencatat Membayar  (Kekurangan By Perjalanan Dinas)
-   Kwitansi
Piutang Karyawan
XX




     Kas/Bank

XX







o)     Saat Reimbursment Kas Kecil (Petty Cash)                       
-   Bukti Pengeluaran Bank
Petty Cash
XX




     Bank

XX







p)     Saat Pertanggungjawaban Biaya untuk Petty Cash         
-   Kwitansi
Biaya sesuai Pengeluaran
XX




     U.Muka ( Petty Cash )

XX







q)     Pembayaran Biaya Pemeliharaan  tidak Dikapitalisir     
-   Kwitansi
By Perbaikan & Pemeliharaan
XX



-   Bukti Pengeluaran Bank
     Kas/Bank

XX







r)      Pembayaran U.Muka Sewa Kantor   
-   Kwitansi
U.Muka Sewa Kantor
XX



-   Bukti Pengeluaran Bank
     Kas/Bank

XX


-   Bukti Potong PPh 23
     Hutang PPh Ps. 23

XX







s)     Pembayaran U.Muka Asuransi Kantor
-   Bukti Bank Keluar
U.Muka Asuransi Kantor
XX




     Bank

XX







t)      Pembayaran Asuransi/polis Expatriate
-   Bukti Bank Keluar
U.Muka Asuransi Kantor
XX




     Bank

XX







u)     Pembayaran Premi Asuransi Karyawan
-   Bukti Bank Keluar
Biaya Perjalanan Dinas
XX




     Bank

XX







v)     Pembayaran U.Muka Mobilisasi
-   Bukti Bank Keluar
U.Muka Mobilisasi
XX




     Bank

XX







w)    Pembayaran Biaya Renovasi Gedung tidak Dikapitalisir
-   Bukti Bank Keluar
U.Muka Renovasi Gedung
XX




     Kas/Bank

XX







x)     Pembayaran Biaya Replacement
-   Bukti Bank Keluar
Persediaan Replacement
XX




     Kas/Bank

XX







y)     Pembayaran Biaya Gaji & Pegawai
-   Bukti Bank Keluar
Hut.By YMH Dibyr Gaji & Pegawai
XX



-   Rekap. Gaji Karyawan
     Kas/Bank

XX













z)     Jurnal Pada Saat Bayar By Astek
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang By YMH Dibayar Astek
XX




     Bank

XX







aa)   Jurnal Pembayaran Dana Pensiun  Karyawan
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hut.By YMH Dibayar Dana Pensiun
XX




     Bank

XX







bb)   Penerbitan By Performance Bond  unt.garansi via (lembaga keu.non bank)
-   Rekenng Koran
Biaya Provisi Administrasi Bank
XX




     Bank

XX







cc)   Pembayaran Hutang Bank
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang Bank
XX




     Bank

XX







dd)   Pembayaran Hutang yang ada  Discount
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang Dagang
XX




     Bank

XX



     Pendapatan Lain2/ HPP Lain2 (Indirect Cost)

XX







ee)   Pembayaran Biaya Training
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang Bank
XX




     Bank

XX







ff)    Pembayaran Biaya Konsultan
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang By YMH Dibayar Konsultan
XX




     Bank

XX







gg)   Pembayaran Biaya YMH Dibayar  Kantor
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang By YMH Dibayar Kantor
XX




     Kas/Bank

XX







hh)   Pembayaran Biaya YMH Dibayar  Sewa Kantor
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang By YMH Dibayar Kantor
XX




     Kas/Bank

XX







ii)     Pembayaran Biaya YMH Dibayar Asuransi Kantor
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hut.By YMH Dibayar Ass.Kantor
XX




     Kas/Bank

XX







jj)     Pembayaran Biaya YMH Dibayar  Handling & Delivery
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hut.By YMH Dibayar Handling & Delivery
XX




     Kas/Bank

XX







kk)   Pembayaran Biaya YMH Dibayar Bunga
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hut.By YMH Dibayar Bunga
XX


    

     Kas/Bank

XX







ll)     Pada Saat Pembayaran Deviden
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang Deviden
XX




     Bank

XX







mm) Pada Saat Pembayaran Bonus
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang Bonus
XX




     Bank

XX







nn)   Pelunasan Hutang Bersyarat (Wesel Bersyarat)                     
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang Bersyarat ( Wesel Bersyarat )
XX




     Bank

XX







oo)   Pembayaran Set Off Hutang Piutang
-   Bukti Pengeluaran Bank
Hutang Dagang
XX



-   Invoice
     Piutang Dagang

XX


-   Faktur Pajak
     PPN - Masukan

XX







Identifikasi Mutasi Kas dan Bank


a. Mutasi Kas Bank

Bertambah dan berkurangnya kas disebabkan transaksi penerimaan ataupun pengeluaran kas yang terjadi pada perusahaan. Transaksi-transaksi tersebut, misalnya :

Penerimaan Kas (Kas Bertambah)
Pengeluaran Kas (Kas Berkurang)
Setoran modal
Pengambilan pribadi
Penjualan tunai
Pembelian tunai
Penerimaan piutang
Pembayaran hutang
Pinjaman uang
Bunga pinjaman
Bunga simpanan
Beban adminitrasi bank
Penerimaan lainnya
Pengeluaran lainnya

b. Dokumen Mutasi Kas Bank

Setiap transaksi yang terjadi harus dibuatkan dokumen transaksi sebagi dasar yang digunakan untuk melakukan pencatatan. Dokumen transaksi mutasi kas bank sebagai berikut :
Dokumen penerimaan kas
Dokumen sumber pencatatan dan dokumen pendukung sahnya suatu transaksi yang berhubungan dengan penerimaan kas, antara lain :
·            Bukti Kas Masuk / Kuitansi
·            Faktur (Nota) Penjualan Tunai
·            Pita Register Kas
·            Daftar Surat Pemberitahuan (DSP)
·            Surat Pemberitahuan (SP)
·            Memo (Nota) kredit bank
·            Bukti Setor Bank

Dokumen pengeluaran kas

Dokumen sumber pencatatan dan dokumen pendukung sahnya suatu transaksi yang berhubungan dengan pengeluaran kas, antara lain :
·           Bukti Kas Keluar / Kuitansi
·           Faktur (Nota) Pembelian Tunai
·           Faktur Pembelian Kredit
·           Bukti Penerimaan Barang
·           Bukti Permintaan Cek
·           Permintaan Pengisian Kas Kecil
·           Bukti Pengeluaran Kas Kecil
·           Surat Permintaan Pengeluaran Kas Kecil

PENCATATAN MUTASI KAS BANK

Mutasi kas terjadi karena adanya penerimaan dan pengeluaran kas. Transaksi penerimaan kas akan dicatat dalam Jurnal Penerimaan Kas, dan transaksi pengeluaran kas akan dicatat dalam Jurnal Pengeluaran Kas. Kedua jurnal tersebut secara periodik diposting kedalam buku besar sehingga akan diketahui saldo kas perusahaan. Sebagai gambaran mutasi kas dapat dilihat dalam contoh berikut ini.
Contoh :
Saldo Kas Bank UD. Pujasari pada tanggal 1 Desember 2007 sebesar Rp 105.000.000,00. Pencatatan mutasi kas yang terjadi selama bulan Desember 2007 nampak dalam Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar dan Buku Besar Kas Bank di bawah ini.
Transaksi mutasi kas yang tejadi selama bulan Desember 2007 sebagai berikut :
01-Des-07
Diterima pembayaran dari Toko Nusantara atas faktur no 207 senilai Rp 50.8000.000,00 dengan BKM 402 dan slip setor bank no 203.
02-Des-07
Dibayar hutang lepada Toko Samudra atas faktur no 112 senilai Rp 41.500.000,00 dengan mendapat potongan Rp 830.000,00. Dibayar dengan cek no 374.
03-Des-07
Diterima pembayaran dari Toko Harum atas faktur no 210 senilai Rp 48.700.000,00 dengan mendapat potongan Rp 487.000,00. BKM 403 dan slip setor bank no 204.
04-Des-07
Dibayar biaya angkut penjualan Rp 800.000,00 kepada PO. SBN. BKK no 427  Cek no 375.
05-Des-07
Diterima pembayaran dari UD. Makmur atas faktur no 211 senilai Rp 62.400.000,00. BKM 403 dan slip setor bank no 204.
06-Des-07
Dibayar hutang lepada Toko Merdeka atas faktur no 1284 senilai Rp 38.700.000,00. Dibayar dengan cek no 376.
08-Des-07
Dibayar hutang lepada UD. Arta Buana atas faktur no 222 senilai Rp 24.175.000,00 dengan mendapat potongan Rp 483.500,00. Dibayar dengan cek no 377.
09-Des-07
Dibayar biaya angkut penjualan Rp 700.000,00 kepada PO. SBN. BKK no 430  Cek no 378.
10-Des-07
Diterima pembayaran dari Toko Harum atas faktur no 233 senilai Rp 75.500.000,00 dengan mendapat potongan Rp 755.000,00. BKM 405 dan slip setor bank no 206.
11-Des-07
Diterima pembayaran dari Toko Nusantara atas faktur no 365 senilai Rp 112.500.000,00 dengan mendapat potongan Rp 1.125.000,00. BKM 406 dan slip setor bank no 207.
11-Des-07
Diterima pembayaran dari UD. Makmur atas faktur no 444 senilai Rp 134.550.000,00 dengan mendapat potongan Rp 1.345.500,00. BKM 407 dan slip setor bank no 208.
12-Des-07
Dibayar hutang lepada PD. Rajawali atas faktur no 994 senilai Rp 19.625.000,00. Dibayar dengan cek no 379.
15-Des-07
Dibayar hutang lepada Toko Samudra atas faktur no 312 senilai Rp 300.400.000,00. Dibayar dengan cek no 380.
16-Des-07
Diterima dari hasil penjualan tunai sebesar Rp 11.250.000,00. BKM no.408, slip setor bank 209.
19-Des-07
Dibayar biaya telpon Rp 670.000,00. BKK no 433, Cek no 381.
22-Des-07
Diterima pembayaran dari Toko Nusantara atas faktur no 398 senilai Rp 67.750.000,00. BKM 409 dan slip setor bank no 210.
27-Des-07
Kas kecil diisi kembali Rp 1.309.000,00 untuk pengeluaran : Biaya perlengkapan Rp 290.000,00, Biaya operasi kendaraan Rp 262.000,00, Biaya umum usa Rp 287.000,00, Biaya iklan Rp 320.000,00, Biaya air dan listrik Rp 150.000,00


BUKU JURNAL PENERIMAAN KAS
  

BUKU JURNAL PENGELUARAN KAS

BUKU BESAR


14 komentar:

  1. terimakasih informasinya sangat membantu sekali:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  2. jangan lupa untuk menyertakan sumbernya
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  4. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  5. Halo semuanya!!!

    Saya menyambut Anda semua hingga tahun 2020. Nama saya ERLINA TUTY SARTIKA, Am dari Bandung di Indonesia. tolong saya ingin Anda semua berhati-hati di internet. Saya akan menyarankan Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet tanpa sepengetahuan perusahaan Pinjaman karena tidak semuanya nyata, kebanyakan dari mereka adalah penipuan, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan Anda masih akan tidak mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua adalah pencuri. Saya telah menjadi korban di 3 pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya mengirim sejumlah besar uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai yang pertama kali, tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Anda harus sangat berhati-hati agar Anda tidak tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditor kredit yang sangat saya percayai karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya sangat kesakitan karena saya punya banyak hutang untuk dibayar, jadi teman saya di kantor membantu saya menemukan perusahaan pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman baru REBECCA ALMA LOAN COMPANY, dan kami melakukan dokumentasi yang diperlukan dengan perusahaan, jadi teman saya membantu saya untuk mengikuti semua aturan dan peraturan hanya untuk memastikan mereka nyata dan bagi Tuhan untuk kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar 720 juta Rupiah. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, Anda harus menghubungi Bunda REBECCA ALMA dan mengikuti aturan dan ketentuan atau syarat dan ketentuan dan saya jamin Anda akan mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan. Saya sama-sama mendapat pinjaman dengan tingkat bunga hanya 2%. Anda dapat menghubungi ibu yang baik melalui alamat email ini: rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Anda juga dapat ibu WhatsApp Rebecca Alma di nomor ini: +1405259662


    Harap Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut. Saya akan menjelaskan irlinatutysartika15@gmail.com


    Semoga Allah selalu menyertai Anda semua. Berharap yang terbaik untuk mu

    BalasHapus
  6. Salam kepada kekasihku
    Saya benar-benar tidak tahu dari mana saya harus memulai kesaksian saya karena nama saya yang begitu bahagia adalah Esteri Mumpung, dari Filipina, Ny. Rebacca Alma datang untuk menyelamatkan saya dan menyelamatkan semua kesedihan saya.
    Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, saya sangat berhutang budi sejauh orang-orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai hasil dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa tenggang diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dilepaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog yang saya selingkuh sebelumnya tetapi ketika saya menemukan REBACCA ALMA LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya kepadanya dan di sebuah blog karena ketertarikan saya pada itu benar-benar sebuah mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan itulah sebabnya dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya melamar dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya punya hapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket dan investasi saya sendiri terjadi di Filipina dan Indonesia, saya baru saja membuka pusat perbelanjaan di Malaysia belum lama ini dan saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusannya dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita yang mandiri.
    Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) juga hubungi Mrs. Rebbacca melalui nomor whatsapp +14052595662.

    Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa dalam dunia yang penuh kesulitan ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi keuangan turnover dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ny. Rebacca Alma di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi masalah keuangan dalam hidup Anda.

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (esterimumpung77@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu Rebacca Alma karena dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda. . Semoga Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  7. Salam kepada kekasihku
    Saya benar-benar tidak tahu dari mana saya harus memulai kesaksian saya karena nama saya yang begitu bahagia adalah Esteri Mumpung, dari Filipina, Ny. Rebacca Alma datang untuk menyelamatkan saya dan menyelamatkan semua kesedihan saya.
    Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, saya sangat berhutang budi sejauh orang-orang yang saya pinjam dari geng melawan saya dan kemudian menangkap saya sebagai hasil dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa tenggang diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dilepaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog yang saya selingkuh sebelumnya tetapi ketika saya menemukan REBACCA ALMA LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya kepadanya dan di sebuah blog karena ketertarikan saya pada itu benar-benar sebuah mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan itulah sebabnya dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya melamar dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya punya hapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket dan investasi saya sendiri terjadi di Filipina dan Indonesia, saya baru saja membuka pusat perbelanjaan di Malaysia belum lama ini dan saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apa pun keputusan saya tidak ada urusannya dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita yang mandiri.
    Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) juga hubungi Mrs. Rebbacca melalui nomor whatsapp +14052595662.

    Anda tidak dapat memperdebatkan kenyataan bahwa dalam dunia yang penuh kesulitan ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi keuangan turnover dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ny. Rebacca Alma di alamat di atas sehingga Anda dapat mengatasi masalah keuangan dalam hidup Anda.

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (esterimumpung77@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu Rebacca Alma karena dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda. . Semoga Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  8. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  9. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  10. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  11. Hubungi kami:
                                                
                                                  WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                    Tel .... (+ 44) 7480 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus


  12. Setoran Tunai dari kas Besar ke Bank mandiri senilai 1.000 USD. Lalu dari mandiri USD dicairkan semuanya ke mandiri IDR menjadi Rp.165.000.000,-

    Ada berapa jurnal yang terjadi?
    Sebutkan akun apa saja yang didebet dan akun mana saja yang dikredit beserta nilainya.

    Cara kerja bagamana admin

    BalasHapus
  13. Nama saya LESTARI, saya ingin menggunakan media ini untuk menasihati semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak peminjam internet di sini semuanya scammer dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda agar keluar dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman 5 Miliar dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan Rp59.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 20 Oktober 2019, teman saya CYNTHIA DAFE di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia menerima pinjaman dari CHRISTABEL LOAN INVESTMENT COMPANY

    Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikan apakah itu benar dan itu benar.

    Semoga Tuhan memberkati Ibu Yang Baik Bu CHRISTABEL MISSAN atas apa yang telah dia lakukan untuk saya dan rumah tangga saya, saya menyuruh teman saya untuk memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik. CHRISTABEL MISSAN INVESTMENT INVESTMENT COMPANY, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000.000.
    Saya mematuhi syarat dan ketentuan pinjaman perusahaan dan pengajuan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

    Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya CYNTHIA DAFE bahwa saya telah menerima pinjaman saya dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu saya yang baik Nyonya CHRISTABEL MISSAN LOAN INVESTMENT COMPANY
    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman agar Anda juga bersaksi tentang niat baik ibu yang baik itu.

    Jadi saya menggunakan cara ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang tepat untuk membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk menghubungi IBU melalui EMAIL: christabelloancompany@gmail.com
    IBU WHATSAPP NOMOR +15614916019

    Anda masih dapat menghubungi saya jika membutuhkan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: lestarizudrefy@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi teman saya CYNTHIA DAFE melalui EMAIL-nya: cynthiadafaq@gmail.com

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    BalasHapus